TAKER

Taker adalah ketika Anda melakukan oder, dan order tersebut langsung terpenuhi. Maka transaksi tersebut disebut order Taker dan akan dikenakan biaya sebesar 0,5%.


Contoh : Pada orderbook Triv | Pro terdapat order jual 1 bitcoin seharga 100.000.000 IDR, apabila anda melakukan pembelian bitcoin seharga 100.000.000 IDR maka transaksi tersebut akan langsung terpenuhi dan dianggap sebagai taker.


MAKER

Maker adalah ketika Anda melakukan order, namun order tesebut tidak langsung terpenuhi, dikarenakan tidak ada harga yang cocok ketika anda submit order. Maka transaksi tersebut disebut order maker dan TIDAK ada biaya yang dikenakan.

Apabila ada sebagian order yang terpenuhi  dan sebagian lainnya tidak terpenuhi, maka order yang langsung terpenuhi  dianggap sebagai taker dan sisanya dianggap sebagai maker.


Contoh : Pada orderbook Triv | Pro terdapat order beli 1 bitcoin seharga 90.000.000 IDR, apabila anda melakukan penjualan bitcoin seharga 91.000.000 IDR maka transaksi tersebut akan dianggap sebagai maker dan tidak dikenakan biaya sama sekali.